RSS

Pandangan Islam Tehadap Pendidikan

Islam adalah agama yang haq dan diridhoi Allah swt, diturunkan melalui Nabi Muhammad saw yang dipilih sebagai rasulNya yang terakhir. Ajaran atau petunjuk Allah swt yang disebut agama Islam itu, terhimpun secara lengkap dan sempurna didalam Al Qur’an , sebagaimana difirmankan melalui surat Ali Imran ayat 138 sebagai berikut :
هذا بيان للنّاس وهدى وموعظة للمتّقين
Artinya : 
(Al Quran) Itu adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.
Bagi umat Islam diakui bahwa pandangan hidup atau ideologi itu diridhoi Allah swt sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bersifat duniawiah, termasuk juga dalam penyelenggaraan pendidikan. Akan tetapi dalam urusan duniawiah yang berhubungan dengan keselamatan di akhirat, umat Islam tidak dapat hanya menggantungkan diri pada pandangan hidup atau ideologi tersebut, yang mungkin sangat ampuh dalam mewujudkan keselamatan di dunia.
Sehubungan dengan itu berarti tidak perlu ada keraguan bagi umat Islam untuk mendasarkan dan melaksanakan pendidikan menurut ajaran Islam yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadits Rasulullah Muhammad saw. Dasar dan pelaksanaannya tidak boleh diselewengkan dari kemurniannya, sebagaimana dilakukan oleh orang-orang yang memperalat agama untuk kepentingan diri atau kelompoknya saja. Jika terjadi penyalagunaan atau penyelewengan itu, tunggulah murka, azab dan siksa Allah swt yang pasti akan datang pada orang atau golongan/kaum atau bangsa yang tidak bertanggung jawab.

Semoga Bermanfaat !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar